SUMBER DAYA EKONOMI


SDM(Sumber daya manusia) atau biasa disingkat menjadi SDM potensi yang terkandung dalam diri manusia untuk mewujudkan perannya sebagai makluk sosial yang adaptif dan transformatif yang mampu mengelola dirinya sendiri serta seluruh potensi yang terkandung di alam menuju tercapainya kesejahteraan kehidupan dalam tatanan yang seimbang dan berkelanjutan. Dalam pengertian praktis sehari-hari, SDM lebih dimengerti sebagai bagian integral dari sistem yang membentuk suatu organisasi. Oleh karena itu, dalam bidang kajian psikologi, para praktisi SDM harus mengambil penjurusan industri dan organisasi.
Sebagai ilmu, SDM dipelajari dalam manajemen Manajemen sumber daya manusia atau (MSDM). Dalam bidang ilmu ini, terjadi sintesa antara ilmu manajemen dan psikologi. Mengingat struktur SDM dalam industri-organisasi dipelajari oleh ilmu manajemen, sementara manusia-nya sebagai subyek pelaku adalah bidang kajian ilmu psikologi.
Dewasa ini, perkembangan terbaru memandang SDM bukan sebagai sumber daya belaka, melainkan lebih berupa modal atau aset bagi institusi atau organisasi. Karena itu kemudian muncullah istilah baru di luar H.R. (Human Resources), yaitu H.C. atau Human Capital. Di sini SDM dilihat bukan sekedar sebagai aset utama, tetapi aset yang bernilai dan dapat dilipatgandakan, dikembangkan (bandingkan dengan portfolio investasi) dan juga bukan sebaliknya sebagai liability (beban,cost). Di sini perspektif SDM sebagai investasi bagi institusi atau organisasi lebih mengemuka.

Sumber daya alam (biasa disingkat SDA) adalah segala sesuatu yang muncul secara alami yang dapat digunakan untuk pemenuhan kebutuhan manusia pada umumnya. Yang tergolong di dalamnya tidak hanya komponen biotik, seperti hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme, tetapi juga komponen abiotik, seperti minyak bumi, gas alam, berbagai jenis logam, air, dan tanah. Inovasi teknologi, kemajuan peradaban dan populasi manusia, serta revolusi industri telah membawa manusia pada era eksploitasi sumber daya alam sehingga persediaannya terus berkurang secara signifikan, terutama pada satu abad belakangan ini. Sumber daya alam mutlak diperlukan untuk menunjang kebutuhan manusia, tetapi sayangnya keberadaannya tidak tersebar merata dan beberapa negara seperti Indonesia, Brazil, Kongo, Sierra Leone, Maroko, dan berbagai negara di Timur Tengah memiliki kekayaan alam hayati atau nonhayati yang sangat berlimpah. Sebagai contoh, negara di kawasan Timur Tengah memiliki persediaan gas alam sebesar sepertiga dari yang ada di dunia dan Maroko sendiri memiliki persediaan senyawa fosfat sebesar setengah dari yang ada di bumi. Akan tetapi, kekayaan sumber daya alam ini seringkali tidak sejalan dengan perkembangan ekonomi di negara-negara tersebut.

SDA(Sumber Daya Alam )adalah kekeyaan yang tersedia di alam dan dapat dimanfaatkan oleh manusia dalam usaha untuk memenuhi kebutuhan hidupnya  .
Contoh : Yang Dapat Diperbaharui : Tanah,  Air,Tumbuhan, dan Hewan
 : Yang Tidak Dapat Diperbaharui : Batu Bara,  Minyak Bumi, Mineral, dan Gas Bumi
Cara Pemanfaatan : Yang Dapat Diperbaharui : Memupuk, Menyiram, Menanam, Dan Meminum
      : Yang Tidak Dapat Diperbaharui : Bahan Bakar
Hal –hal yang harus di perhatikan dalam memanfaatkan dan menggunakan Sumber Daya Alam (SDA) adalah sebagai berikut :
1.     Tetap menjaga kelestariannya untuk generasi penerus yang akan datang
2.      Mencegah terjadinya pencemaran air , tanah, dan udara
3.      Pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) jangan melampaui tingkat regenerasi dari Sumber Daya Alam (SDA) itu tersebut
4.     Mengembangkan teknologi dengan system yang ramah terhadap lingkungan
SDModal (Sumber Daya Modal)adalah sumber daya yang dibuat oleh manusia baik berupa uang maupun barang dan digunakan untuk membantu kegiatan produksi
Contoh : Mixer, Loyang, Oven, Bahan Baku, Dll
Cara Pemanfaatan : - Menggunakan Secara Efisien (Sesuai Kebutuhan )
                             : - Merawat, Memperbaiki, Memelihara secara rutin, menggunakan seperlunya
Sumber Daya Modal (SDM) Dibagi menjadi 4 yaitu :
§  Bedasarkan Corak Pemakaiannya ada 2 yaitu :
A.     Modal Tetap adalah Modal yang tahan lama dan dapat dipakai berkali - kali untuk kegiatan produksi,dan pengembangan perusahaan
B.      Modal Tetap adalah Modal yang tahan lama dan dapat dipakai berkali - kali untuk kegiatan produksi,
§  Bedasarkan Cara Pembentukannya ada 2 yaitu :
A.     Pembentukan Secara Sukarela . Misalnya : Simpanan - simpanan modal dari bank,dan koperasi simpan pinjam
B.      Pembentukan Secara Paksa . Misalnya : Penarikan pajak dari pemerintah.
§  Bedasarkan Sumbernya
A.     Modal Individu adalah Modal seseorang yang dimiliki dari kekayaan yang memberikan pendapat bagi pemiliknya,
B.      Modal Asing adalah Modal yang diperoleh dari luar perusahaan dan bertujuan untuk mengembangkan perusahaan yang akan diolah atau dikembangkan\




SDK(Sumber Daya Kewirausahaan) adalah  Semangat, sikap, dan perilaku seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan ekonomi sehingga bisa menghasilkan keutungan yang relatif menguntungkan

Ø
  .1)Orang yang memiliki mental kewiraushaan disebut wirausaha.
22)Seseorang wirausaha pasti memiliki : Keberaniaan, kreativitas, selalu berpikiran jauh ke depan, dan bisa melihat peluang usaha yang menguntungkan,dan membanggakan.

Contoh : Mendirikan usaha tempe, usaha konveksi, usaha tahu, usaha roti, usaha pembudidayaan ikan, usaha mebel,  dll.
Ciri – ciri Seorang Wirausaha :
a. Memiliki mental yang kuat
b. Mampu melihat/ menanggapi peluang bisnis,
c. Pandai memimpin perusahaan (Memiliki kecakapan pemimpin),
d. Memiliki keterampilan (kreatif dan inovatif),
e. Mempunyai pandangan kedepan (Selalu ingin maju),
f. Percaya Diri, optimis, dan mandiri
g. Pekerja keras.

1 comment:

  1. Catatan :
    1. Penjelasan singkat tentang Sumber daya Manusia
    2. Macam Sumber daya manusia dan contoh2nya
    3. Pemanfaatan sumber daya manusia
    NILAI 75

    ReplyDelete